Tinjau Pembangunan Dermaga Kapal Selam, Panglima TNI: Kami Tidak Main-Main!


Tinjau Pembangunan Dermaga Kapal Selam, Panglima TNI: Kami Tidak Main-Main!

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo menilai dermaga kapal selam merupakan tempat yang sangat strategis. Terlebih dengan adanya perkembangan terkini yang terjadi di Filipina Selatan.

Mantan KSAD itu menambahkan, dermaga di Palu dipilih karena lokasinya yang sangat strategis dan memiliki kondisi kontur alam yang cocok untuk dijadikan pangkalan kapal selam. Alhasil, jika telah beroperasi, pangkalan tersebut akan memberikan dampak efektif bagi pergerakan kapal selam.

“Jadi pangkalan kapal selam ini sangat diperlukan dalam situasi sekarang ini. Pangkalan  seperti disini hanya ada di Armatim, sehingga kalau operasional kapal ke daerah wilayah timur harus kembali kesana, maka ini sangat strategis,” ujar Gatot usai meninjau pembangunan Dermaga Sionban Kapal Selam di Lanal Palu, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat 9 Juni 2017.

Dikatakan Gatot, pangkalan kapal selam merupakan fasilitas strategis. Meski demikian, pembangunannya belum final dan masih terdapat beberapa materi pendukung seperti mekanik dan elektrik yang harus dipersiapkan serta baru difungsikan sebagai dermaga.

“Sementara ini hanya untuk dermaga saja, tapi untuk elektrik cash baterai kapal selam belum lengkap semuanya, akan dilengkapi pada anggaran tahun yang akan datang,” sambungnya.

TNI saat ini, kata Gatot, memberikan antensi penuh terhadap segala kemungkinan yang terjadi di Marawi Filipina Selatan dengan mengerahkan kemampuannya sebagai alat pertahanan negara.

“Karena kita mengerahkan kapal selam untuk pengintai disana, jadi TNI tidak main-main, karena kami mempelajari betul kemungkinan yang terjadi di Filipina Selatan yang dampaknya mungkin akan kesini, sehingga TNI mengerahkan kekuatan Alutsista termasuk kapal selam,” jelasnya.
Sumber

Comments