Close up jet KFX

Baru baru ini terdapat sebuah foto proyek jet pesawat tempur KFX hasil kerja bareng Korea Selatan - Indonesia yang beredar di dunia maya. Pada foto tersebut terlihat bahwa jet tersebut mempunyai konfigurasi single seat dan double engine yang dikabarkan terakhir akan memakai mesin buatan  General Electric F414-400. Mesin ini punya daya dorong 25.500 pound, mesin ini pengembangan dari seri F404 yang dipakai oleh jet tempur Boeing F18 Hornet dan jet latih/tempur ringan T/A 50 Golden Eagle yang telah dipakai oleh TNI AU.

Pada bagian radar akan dibesut oleh jenis AESA radar yang sampai saat ini belum dipilih oleh ADD siapa pemasoknya, Radar ini merupakan salah satu dari 5 core technology yang tidak diberikan oleh Amerika Serikat oleh karena itu pemerintah korea selatan lantas mengembangkan sendiri radar AESA yang digawangi oleh hanhwa Thales sebagai main contractor yang dibantu oleh produsen dari israel yaitu IAI.

Dalam maket juga terlihat bahwa KFX ini dilengkapi oleh IRST yang terletak di depan kokpit yang berbentuk seperti bola, terlihat jua pesawat ini membawa targeting pod yang berfungsi untuk membantu mengakusisi target high value di darat. Soal misille air to air terlihat KFX membawa 4 missile AMRAMM di centerline body.

Akan tetapi para pemerhati kemiliteran di Indonesia bakal sedikit kecewa karena maket KFX ini masih belum bernuansa "stealth" yang selama ini digembar gemborkan di media massa, dari maket terlihat bahwa semua bawaan jet ini masih menempel di pylon belum terlihat adanya IWB (internal weapon bay) yang jamak terlihat di pesawat generasi ke 5 macam F 35 lightning dan F22 Raptor.







Sumber

Comments

  1. Pake IWB gmn wong dr awal cm gen 4++. Bukannya dr awal cm digadang2 jd peswat LO y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti pada blok 2 akan dilengkapi dengan IWB, untuk blok 1 pada gambar diatas itu semua sama

      Delete

Post a Comment