Jelang HUT ke 71, Ini Refleksi TNI AU


TNI Angkatan Udara akan merayakan hari jadinya yang ke 71 pada 9 April nanti. Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau), Marsma TNI Jemi Trisonjaya, ada sejumlah harapan yang ingin diwujudkan dalam rangka HUT TNI AU tersebut.
Salah satu harapan itu menurut Jemi, yaitu melakukan modernisasi alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI AU yang sampai saat ini belum ideal.
Untuk mencapai ideal itu belum bisa, tetapi sesuai dengan Rensta III TNI Angkatan Udara itu nanti sampai 2024 mencapai Minimum Essential Forces (MEF).
Jemi mengungkapkan, ada sejumlah alutsista yang harus segera dimiliki oleh TNI AU. Salah satunya adalah, pesawat generasi 4,5 sebagai pengganti F-5 Tiger yang sampai saat ini belum juga didatangkan.
"Pengadaan pesawat heli, pesawat tempur, angkut berat," ujar dia.
Kemudian menurut perwira TNI AU lulusan AAU tahun 1989 itu, pihaknya saat ini juga membutuhkan pesawat jenis Multi Role Tanker Transport (MRTT). Menurutnya, pesawat itu dibutuhkan untuk pengisian bahan bakar udara agar memberi jarak jangkau operasi bagi pesawat-pesawat tempur.
"Kemudian pembaharuan pesawat-pesawat Hercules C-130," ungkapnya.
Meski begitu menurut Jemi, untuk keseluruhan kebutuhan pesawat itu, TNI AU hanya memberikan spesifik teknis untuk menunjang kebutuhannya saja.
"Untuk merk nanti dari Kemhan (Kementerian Pertahanan)," pungkasnya.


Comments