Indonesia – Brasil Sepakat Tindaklanjuti Kerja Sama Pertahanan


Menhan RI Ryamizard Ryacudu dengan disaksikan Dubes Brasil Untuk Indonesia Rubem Antonio Correa Barbosa mewakili Pemerintah Republik Federasi Brasil menandatangani Persetujuan Kerja Sama Pertahanan, Kamis (30/3), di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta. Kedua negara sepakat untuk segera menindaklanjuti naskah persetujuan kerja sama yang akan ditandatangani Menhan Republik Federasi Brasil Raul Belens Jungmann Pinto di Brasil.

Dalam kesempatan tersebut Menhan mengatakan bahwa persetujuan kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah ditandatangani para Direktur Jenderal (Dirjen) kedua negara pada tingkat teknis. Dan hari ini di tempat terpisah penandatanganan kerja sama sudah pada tahap kerja sama antar negara melalui Menteri Pertahanan kedua negara.

Menhan RI mengungkapkan bahwa kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan yang lebih erat antara Brasil dan Indonesia khususnya di bidang pertahanan. Selain itu kedua negara sepakat akan meningkatkan hubungan yang lebih luas lagi antara lain dalam bidang sumber daya manusia, tukar menukar informasi, pertukaran perwira, pengembangan industri pertahanan dan latihan bersama. Sebelumnya telah dibentuk group discussion diantara pejabat terkait kedua negara yang juga melibatkan para direktur industri pertahanan atau Badan Usaha Milik Negara Strategis.
Sumber

Comments