2 Pilot Sukhoi Dapat Penghargaan dari KSAU



Dua pilot Sukhoi 30 MKK mendapatkan penghargaan sertifikat welldone dari Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto. Kedua pilot itu dianggap berprestasi karena berhasil selamat serta menyelamatkan pesawat saat mengalami gangguan mesin di udara.

Kedua pilot tersebut bernama Letkol Pnb Anton Pallaguna dan Lettu Pnb Ahmad Finandika dari Skadron Udara 11, Lanud Hassanudin, Makasar, Sulawesi Selatan. Penghargaan tersebut diserahkan KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto di Gedung Dewanto Denma, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (21/4/2017).

Hadi mengatakan penghargaan tersebut adalah bentuk apresiasi atas tindakan yang tepat dan berani kedua pilot tersebut. Hadi menyebut pesawat yang diselamatkan 2 pilot itu mengalami gangguan mesin saat melaksanakan gladi bersih HUT TNI AU pada tanggal 7 April 2017.

"Saya memberikan apresiasi kepada personel Skadron Udara 11 Lanud Hasanuddin Makasar atas tindakan yang tepat dan berani. Mereka dapat menyelamatkan pesawat pada saat pelaksanaan gladi bersih HUT TNI AU ke 71 di Lanud Halim Perdanakusuma," kata Hadi.

Hadi menyebut pesawat Sukhoi tersebut terkena burung yang masuk ke dalam exhaust pesawat ketika sedang terbang. Kemudian kedua pilot itu melakukan tindakan tepat dengan mematikan mesin dan landing dengan satu mesin.

"Kita menghargai karena faktor kesulitan di sana itu sangat tinggi. Saat itu memang direncanakan melaksanakan fly pass. Dan harus landing dengan satu mesin itu tidak mudah harus mempunyai keterampilan," tuturnya.

Karena itulah, menurut Hadi, tindakan mereka patut diapresiasi dengan penghargaan. Dia berharap dengan pemberian penghargaan tersebut bisa memotivasi anggota TNI AU agar mengasah dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

"Semoga penghargaan ini bisa memberikan memotivasi yang baik kepada seluruh personel TNI AU untuk terus meningkatkan dan mengasah kemampuan yang telah dimiliki agar menjadi profesional sesuai bidang tugasnya," tutupnya.
Sumber

Comments